Kepemimpinan Organisasi Sekolah

Berbicara kepemimpinan organisasi sekolah, selain kepala sekolah  yang merupakan seseorang yang berada di garda terdepan dalam upaya mencerdaskan bangsa, dan merupakan ujung tombak dalam keberhasilan maju atau tidaknya suatu satuan pendidikan yang ia pimpin.

Dengan beratnya Kepala sekolah memikul tanggung jawab terhadap kenyamanan dan ketertiban lingkungan sekolah serta warga sekolahnya. Ia dibantu oleh para wakil-wakilnya (seperti wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Kurikulum dan sarana prasarana) dengan mengemban tugas masing-masing di kepemimpinan organisasi sekolah. baik dalam hal keamanan dan kenyamanan di masa tanggap darurat Covid-19 sekarang ini.

Terlihat di Gambar, Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan memberikan himbauan kepada seluruh siswa untuk senantiasa, terutama tetap menerapkan protokol kesehatan, guna sebagai bentuk kesadaran menjaga kesehatan di masa pandemi sekarang ini, dan selalu melaksanakan tata tertib di sekolah, baik dalam hal berpakaian, kedisiplinan, dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Oleh sebab itu dengan adanya pengambilan langkah-langkah yang tepat dan koordinasi yang baik dengan seluruh pihak sekolah, maka proses pembelajaran dan pengajaran di tengah wabah Covid-19 akan berjalan lancar.

Tugas Dan Tanggung Jawab

Bertanggung jawab kepada kepala sekolah dalam bidang kesiswaan dan bertugas menyusun program pembinaan dan kegiatan kesiswaan / OSIS sebagai berikut :

  1. Menyusun program pembinaan kesiswaan / OSIS
  2. Melaksanakan bimbingan, pengarahan, pengendalian kegiatan siswa / OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah serta pemilihan pengurus
  3. Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi
  4. Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insindental
  5. Membina dan melaksanakan koordinasi  keamanan, kesehatan, kebersihan, ketertiban, kerindangan, keindahan dan kekeluargaan ( 7 K )
  6. Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon – calon siswa penerima beasiswa
  7. Pengadaan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
  8. Mengatur mutasi siswa
  9. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan
  10. Menyusun program kegiatan ekstrakurikuler

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *