Hari Kedua Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Pada hari ini Kamis, 22 Juli 2021 telah dilakukan kegiatan MPLS secara daring untuk hari yang kedua oleh Pembina OSIS (Bapak Ibnul Subari,S.Pd), dan anggota OSIS yang terdaftar dalam kegiatan tersebut (Friska Anisyah, Rahmat Hidayat, Dwi Sefia Amanda, Novita Auliya, Revaldo, Andini, Mercelinda Safitri, Iebel Nabiesska, Adjriel Ibra, dan Farhan Izzatur Rahman).  

Alur Kegiatan MPLS 2021

Pemateri dan Ringkasan Isi Materi :

  • Ricko Valentino ,M.Pd (Pembinaan Mental Agama di Sekolah)
Pendidikan agama adalah unsur terpenting dalam pendidikan moral dan pembinaan mental. Pendidikan agama di sekolah mendapat beban dan tanggung jawab moral yang tidak sedikit apalagi jika dikaitkan dengan upaya pembinaan mental remaja. Satu hal penting yang tidak boleh diabaikan oleh para guru agama di sekolah ialah materi pelajaran agama yang disampaikan di sekolah hendaknya selalu diorientasikan pada kepentingan remaja, seorang guru agama harus bisa menanamkan keyakinan bahwa apa apa yang ia sampaikan bukan demi kepentingan sekolah (kurikulum) atau kepentingan guru agama melainkan demi kepentingan remaja itu sendiri
  • Isran Mihardi ,S.Si (Pengenalan Kurikulum dan Lomba Jenjang SMA)
Struktur Kurikulum SMAN 1 Kelapa Kampit :
  1. Menerapkan sistem PAKET
  2. Jumlah Rombel (Rombongan Belajar) ada 15 rombel
  3. Kelas X (sepuluh) tahun 2021 jumlah = 209 Peserta didik, ada 6 rombel
  4. program penjurusan kelas ada MIPA dan IPS
  5. ada 15 mata pelajaran
  6. alokasi satu jam pembelajaran ada 45 menit.
  • Oscar Habib ,S.H.,M.M (Pemuda Pancasila di Era Modernisasi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup)

1. Ketuhanan yang Maha Esa

Sila pertama ini mengartikan bahwa kita sebagai warga negara Indonesia mempercayai dan bertakwa pada Tuhan. Tentunya ini disesuaikan dengan agama dan kepercayaan yang dimiliki oleh masing – masing orang. Karena itu makna dari sila ini juga berarti kita perlu saling menghormati anyar umat beragama sehingga tercipta kehidupan yang rukun.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Sila kedua ini kita sebagai warga negara diminta untuk memahami bahwa setiap manusia memiliki derajat yang sama, sehingga kita harus saling menyayangi satu sama lain. Kita juga harus saling menjaga dan membantu sesama, membela kebenaran dan keadilan, dan bekerjasama untuk kedamaian negara kita.

3. Persatuan Indonesia

Sila ketiga berarti kita harus menempatkan kesatuan, persatuan, dan kepentingan negara dari kepentingan masing – masing.

Kita harus mempunyai kepribadian yang rela bekorban demi negara Indonesia, mencintai bangsa Indonesia dan tanah air, serta bangga pada negara.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Khidmat dan Kebijaksaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan

Sila keempat ini mengajak kita untuk tidak memaksakan kehendaknya pada orang lain dan mengutamakan kepentingan negara dan orang lain. Terkadang kita akan menemukan perbedaan pendapat dan cara pandang. Namun, kita harus menyelesaikannya dengan cara bermusyawarah atau berdiskusi.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Makna dari sila ini berarti mengembangkan perbuaran luhur dengan cara kekeluargaan dan gotong royong, selalu bersikap adil. Selain itu kita harus seimbang antara hak dan kewajiban dengan juga menghormati hak – hak orang lain.

PERAN PEMUDA DALAM UPAYA MENANAMKAN NILAI PANCASILA SEBAGAI JATI DIRI BANGSA MELAWAN ARUS MODERNISASI
1. Membekali diri dengan pendidikan yang berlandaskan Pancasila.

2. Penguatan nilai etnik dan nasionalisme generasi muda.

3. Terjun berperan aktif dalam masyarakat.

  • Pengenalan Guru dan Pegawai SMA N 1 Kelapa Kampit. (Narasumber Panitia MPLS : Friska Anisyah)
  • Notulen Kegiatan : Dwi Sefia Amanda (Panitia MPLS)

Dokumentasi kegiatan MPLS :

 

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan 5M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas)

@smansakelapakampit
@osissmansakelapakampit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *