Kompetensi Sains Nasional 2021 SMANSA KAMPIT

Kompetisi Sains Nasional atau yang biasa disingkat dengan KSN adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia. Sebelumnya, KSN dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN). Perubahan nama ini terjadi pada tahun 2020 setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim mendirikan Pusat Prestasi Nasional yang membawahi semua pelaksanaan lomba, kompetisi, dan festival di indonesia.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh para peserta didik. Maka, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.

Hasil KSN juga menjadi pertimbangan dalam proses seleksi peserta didik yang akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi sains internasional.

Jenjang SMA: Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Tahapan pelaksanaan KSN terdiri atas:

  1. Tahapan seleksi tingkat sekolah disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah (KSN-S)
  2. Tahapan seleksi tingkat kabupaten/kota disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K)
  3. Tahapan seleksi tingkat provinsi disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P)
  4. Tahapan seleksi tingkat nasional disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional (KSN)

Tahun ini, SMA Negeri 1 Kelapa Kampit tetap turut ikut serta dalam kompetensi ini melanjutkan seperti tahun-tahun sebelumnya, sesuai minat dan kemampuan peserta didik. ada sekitar 27 peserta didik yang mengikuti KSN tahun ini sesuai dengan bidang masing-masing.

Pada tanggal 03-04 Juni 2021 ini Kompetensi Nasional ini di adakan oleh Pusat Prestasi Nasional, dengan sistem semi daring menggunakan media komputer yang di olah oleh setaip sekolah masing-masing.

Informasi :

  1. Tahapan seleksi Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K) Alhamdulillah KSN 2021 memberikan hasil yang baik, selamat kepada adik-adik peserta didik SMA Negeri 1 Kelapa Kampit yang telah belajar dan berjuang untk KSN kabupaten menuju KSN Provinsi :
Ilva Khairunnisa XI MIPA 1 : Kebumian
Frina aningtyas XI MIPA 1 : Ekonomi
Trista Maetri Selfunny Alami,Lee  XI IPS 2 : Ekonomi
Dzaki abiyu G  XI MIPA 2 : informatika
Tania januarti XI IPS 3 : Geografi
Rindiani XI MIPA 2 : Fisika
Nindy Elvionita Sari XI MIPA 1: Matematika
Terimakasih atas kerja kerasnya siswa dan Pembina KSN dan Proktor KSN dan team teknis . Yang belum juara dan yang siswa baru harap bersemangat untk prestasi yang selanjutnya.. SEMANGAT BERSAMA MERAIH PRESTASI

Semoga tercapai segala apa yang mereka harapkan dan kita sebagai orangtua tetap mendukung dan mendoakan untuk kebaikan mereka hari ini, esok, dan masa yang akan datang tentunya. Semangat “Bersama Meraih Prestasi”

#KSN2021 #SmansaKampit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *