Peringatan Hari Jadi SMAN 1 Kelapa Kampit ke-30

Peringatan hari ulang tahun sekolah hari ini adalah sebuah kisah masa lalu yang tidak bisa untuk dilupakan keberadaannya, kita harus mengetahui bagaimana sejarah mengenai berdirinya sekolah ini yang hingga sampai saat sekarang ini masih menjadi sebuah sekolah yang didambakan di kecamatan kelapa kampit, dengan beberapa prestasi yang diraih dan yang sudah banyak meluluskan lulusan terbaik di sekolah ini sampai ke tahap selanjutnya. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengetahui sejarah  tentang berdirinya SMA Negeri 1 Kelapa Kampit.

SMA Negeri 1 Kelapa Kampit merupakan sekolah menengah atas pertama di kecamatan Kelapa Kampit, yang didirikan pada 01 April 1991 oleh team pertama atau sebagai inisiator pada pendirian SMA waktu itu. Team pertama itu terdiri dari Bapak.Alm,Drs. Midjo Hadi sebagai kepala Sekolah pertama, Ibu Kholifah adalah istri dari Bapak.Alm,Drs. Midjo Hadi dan juga merupakan pendiri SMK pertama di Kecamatan Kelapa Kampit (bertempat sebelah Islamic Center di Biliton), dan yang terakhir adalah Bpk. Eryat Aznawie (atau yang dipanggil dengan pak Bung E), beliau merupakan Kepala Desa di Kelapa Kampit pada tahun 1985-1993 waktu itu. Jadi ketiga orang inilah yang berpengaruh dalam pendirian SMA Negeri 1 Kelapa Kampit hingga berdiri sampai saat ini.

Alasan mengapa berdirinya sekolah ini merupakan inisiatif dari bapak Eryat Aznawie ketika beliau menjabat sebagai kepala desa pada waktu itu, dengan menyadari kisah masa lalu beliau yang dulunya sangat susah untuk mendapatkan sekolah di Kelapa Kampit ini, yang hanya bisa didapatkan di Tanjungpandan dengan jarak tempuh yang jauh dari Kelapa Kampit, dengan pemikiran itulah beliau berinisiatif untuk mendirikan SMA pertama di Kelapa Kampit ini dengan dibantu oleh pemikiran Bapak.Alm,Drs. Midjo Hadi dan Ibu Khollifah yang juga sangat berinisiatif untuk pendirian SMA ini, karena sangat berpengaruh dan mempunyai keinginan untuk berbuat dalam memajukan pendidikan di Kelapa Kampit ini.

Pada tahun 1991 sampai akhir 1992 berdirilah gedung-gedung SMAN 1 Kelapa Kampit , tapi dalam tahap pembuatan di  tahun 1991- akhir 1992 pelaksanaan belajar mengajar masih menggunakan ruangan kelas di SMPN 1 Kelapa Kampit. Pada tahun 1993 menurut Surat Keputusan yang terdaftar dalam SK pendirian 01 April 1993 dalam naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dinyatakan juga sebagai tahun operasional kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 1 Kelapa Kampit, dengan penetapan Surat Keputusan tersebut mulailah kegiatan belajar pindah ke SMAN Negeri 1 Kelapa Kampit dengan gedung-gedung yang baru dibangun tersebut. Gedung yang dibangun pada waktu itu adalah ruangan Kepala Sekolah, Wakasek (wakil kepala sekolah) , ruang TU (tata usaha), Perpustakaan, 3 ruang kelas, dan gudang beserta WC siswa. sedangkan kelas yang telah berjalan pada waktu itu ada 9 kelas, 3 kelas menggunakan ruangan kelas yang telah di bangun, 2 kelasnya lagi menggunakan ruangan perpustakaan, sebab waktu itu perpustakaan belum digunakan karna belum tersedianya buku-buku, maka jadilah 2 kelas didalamnya yang di bagi dua dalam satu ruangan. dan 4 kelasnya lagi menggunakan ruangan kelas di SDN 2 Kelapa Kampit.

 

Pada tahun 1993 guru-guru yang mengajar di SMAN 1 Kelapa Kampit waktu itu dengan guru PNS sebanyak 6 orang termasuk kepala sekolah : Bpk. Drs. Midjo Hadi, Bpk. Purwantoro,S.Pd., Bpk. Nasrun,S.Pd., Bpk. Daryono,S.Pd., Bpk. Gama Santosa,S.Pd., Ibu Mulyati,S.Pd. dengan guru honorer terdiri dari jumlahnya cukup banyak, yaitu Drs.Maryadi , Sahdirwani,SH , Ms.Chairili , Dra.Nurlaili Nasti, Daris Ahmanto, Drs.Rozali, Drs.Suhardianto, Drs,Huniadi, Drs.Agus papilaya, Iryanto,s.Pd, Nasjaya, Dra. Erni silvia, Sunarsih.S.Pd., Drs.Hamali, Drs. Ahmad Satiri, Drs.Burhanudin (Panggilan Pak AAN) dan lainnya. dengan Pegawai Tata Usaha terdiri dari :  Ahmad Jamhir (Kepala Tata Usaha), Ermawati,  Rinawati,  Dra. Siti Nuramanah,  Fitriani,  Taslim Ibrahim,  Sugianto (Penjaga Sekolah), Sunarsih, M. Badri (Penjaga Sekolah).

Setelah berjalannya tahun demi tahun dengan kemajuan pemikiran  yang sadar akan pendidikan yang sangat penting bagi setiap orang di kelapa kampit maka dibangunlah gedung-gedung baru di SMA Negeri 1 Kelapa Kampit seutuhnya sampai sekarang dengan motto “Bersama Meraih Prestasi” yang dibuat oleh Bpk. Anugrah Permana sebagai penjaga Perpustakaan pada pimpinan Kepala Sekolah Bpk. Haryanto, S.Pd. Ing. pada tahun 2008-2011. Sampai sekarang ini motto tersebut sebagai pemacu semangat belajar dan semangat berprestasi bagi semua warga sekolah dalam meningkatkan kemajuan pendidikan di kecamatan Kelapa Kampit ini.

Pada hari ini kamis, 01 April 2021, SMA Negeri 1 Kelapa Kampit memasuki usia ke 30 tahun. Bukan usia yang sedikit untuk sebuah lembaga pendidikan. Banyak sekali torehan-torehan prestasi, banyak siswa yang lulus dari sekolah ini dan ada juga telah menjadi bagian sekolah saat ini. Beragam hal menjadi sejarah dan bukti bahwa kita semua bisa dan terus akan berusaha lebih baik ke depan.

Harapan Kepala Sekolah kedepannya “SMAN 1 kelapa kampit lebih maju dan berprestasi dalam segala bidang menuju nasional dan internasional dan dengan  tetap mengedepankan karakter dalam segala aspek kehidupannya” _ Ibu Sri Mulyani,SE. M.Pd.

SELAMAT HARI ULANG TAHUN SMA NEGERI 1 KELAPA KAMPIT YANG KE-30

#30TahunSmakampit #BersamaMeraihPrestasi

Sumber Informasi :

  • Eryat Aznawie (Pak Bung E) / Kelapa Kampit, 19 Maret 1953 / Alamat : Desa Senyubok Rt.01 No.12 Kecamatan Kelapa Kampit.
  • Ibu Sri Mulyani,SE.M.Pd. Kepala SMA Negeri 1 Kelapa Kampit / Merupakan alumni lulusan angkatan pertama
  • Bpk Nasrun,S,Pd. / merupakan guru SMA Negeri 1 Kelapa Kampit
  • Ibu Fitriani / merupakan staf pegawai Tata Usaha SMA Negeri 1 Kelapa Kampit
  • Dan beberapa sumber lainnya dari Bapak Ibu Guru dan para siswa-siswi SMA Negeri 1 Kelapa Kampit

Penulis             : Fajar Dinata,S.Pd.i

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *