Pelaksanaan Ujian Sekolah SMA Negeri 1 Kelapa Kampit (2020/2021)

 

Dengan ditetapkannya PP No 32 tahun 2013, mulai tahun 2014 ini UASBN tidak lagi diselenggarakan tetapi berganti menjadi Ujian Sekolah. Peniadaan UASBN dan berlakunya ujian sekolah setidaknya telah mengurai pertentangan yang selama ini telah terjadi tentang penyelenggaraan UASBN.  Hal ini setidaknya dapat dilihat dari pertama dikembalikannya hak pendidik sebagai evaluator keberhasilan belajar peserta didik.

Ujian sekolah (US) sudah menjadi salah satu syarat kelulusan siswa sejak beberapa tahun lalu. Meski perbedaannya tahun ini sekolah menyusun sendiri soal US bagi siswanya. Terkait untuk persiapan US, sejak beberapa waktu lalu pihak sekolah sudah menggelar pelatihan bagi guru dalam menyusun soal US bagi siswa.

Kebijakan itu diambil sebagai tindak lanjut keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim yang menghapus ujian nasional atau UN pada tahun 2021 ini. Dalam SE Mendikbud No.1/202 disebutkan jika salah satu syarat kelulusan siswa adalah mengikuti ujian yang digelar oleh sekolah. Ujian itu bisa berupa portofolio nilai, penugasan, maupun tes baik secara luring maupun daring.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *